Penulis Utama : Putri Rahmawati
NIM / NIP : C0914034
×

ABSTRAK

Putri Rahmawati. C0914034. 2019. Perancangan Motif Pinstripe dengan Teknik Batik Tulis untuk rompi lady bikers motor kustom
Perancangan ini dilakukan sebagai sebuah reaksi terhadap fenomena-fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Fenomena-fenomena tersebut secara khusus yaitu keberadaan kustom kulture sebagai suatu budaya dari luar negeri yang berkembang di Indonesia. Kustom kulture adalah subkultur gerakan kustomisasi kendaraan/ angkutan pribadi bermotor yaitu mobil dan sepeda motor. Perkembangan kustom kulture yang dinamis di Indonesia bahkan diakui negara sebagai salah satu produk industri kreatif.  
Batik dan kustom kulture pun mengalami persinggungan, salah satu bentuk persinggungan tersebut yakni motif batik dijadikan sumber ide untuk kostumisasi kendaraaan misalnya pada motor kustom bernama Kyai Perkoso milik Lulut Wahyudi.
Perancangan ini hadir untuk mewarnai interaksi-interaksi serupa. Arahan produk sebagai rompi adalah sebuah stimulus untuk menarik atensi lebih banyak antara kustom kulture terhadap batik terutama sebagai busana. Perancangan ini juga upaya untuk mempertahankan eksistensi batik itu sendiri.


Kata Kunci : pinstripe, kustom kulture, batik, rompi lady bikers

×
Penulis Utama : Putri Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914034
Tahun : 2019
Judul : Perancangan Motif Pinstripe dengan Teknik Batik Tulis untuk Rompi Lady Bikers Motor Kustom
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Seni Rupa dan Desain
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Felix Ari Dartono M.Sn
2. Dra. Tiwi Bina Affanti M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.