Penulis Utama : Arumnaning Tyas Pramulatsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816015
Tahun : 2019
Judul : Relevansi Koleksi Terhadap Kebutuhan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Perpustakaan-D1816015-2019
Subyek : PENGADAAN, ALAT BANTU SELEKSI, RELEVANSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Relevansi koleksi perlu disesuaikan kebutuhan koleksi pemustaka untuk memenuhi kebutuhan koleksi pengguna sehingga informasi lebih cepat tersampaikan. Relevansi merupakan kesesuaian atau kecocokan informasi yang diperoleh dari perpustakaan dan sumber informasi lainnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi pengguna dalam menggunakan perpustakaan. Dokumen yang relevan artinya dokumen-dokumen yang didapatkan dapat memenuhi kebutuhan informasi yang sedang dibutuhkan.
Hasil dari pelaksanaan magang di Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara, penulis relevansi koleksi terhadap kebutuhan pemustaka dan tatacara pengadaan   bahan   pustaka.   Selain   itu   mendapatkan   ilmu   dan   pengalaman mengenai dunia perpustakaan tidak hanya melalui teori namun dengan praktik langsung di perpustakaan.
Pengadaan bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara mempunyai  beberapa metode pengadaan seperti, 1). Pembelian, 2.) Hadiah, 3). Keanggotaan Organisasi, 4). Sumbangan. Agar memenuhi kebutuhan koleksi pengguna digunakan alat bantu seleksi berupa katalog penerbit, usulan buku dari mahasiswa, dan usulan buku dari dosen. Relevansi koleksi terhadap kebutuhan pemustaka di Perpustakaan Universitas Veteran Bangun Nusantara kurang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Hal ini dikarenakan terjadinya kesalahpahaman antara pihak perpustakaan dan pemustaka terutama mahasiswa. Kurangnya partisipasi mahasiswa dalam mengusulkan bahan pustaka mengakibatkan pihak perpustakaan tidak mengetahui bahan pustaka yang sebenarnya dibutuhkan sehingga dalam pengadaan bahan pustaka hanya melalui usulan dosen dan katalog penerbit.

Kata Kunci : Pengadaan, Alat Bantu Seleksi, Relevansi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wahyuning Chumaeson, M.Si,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP