Penulis Utama : Yuliana Ariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513076
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Mitigasi Bencana Berbasis Web pada Satuan Pendidikan di Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513076-2018
Subyek : SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS, MITIGASI BENCANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi geografis untuk mitigasi bencana pada satuan pendidikan (SIMBAK) serta menguji kelayakan SIMBAK. SIMBAK yang dikembangkan dapat memetakan satuan pendidikan yang berada di Kawasan rawan Bencana (KRB), menyajikan informasi profil satuan pendidikan dan menunjukkan rute perjalanan atau navigasi. SIMBAK yang dikembangkan berbasis website dan dapat diakses melalui internet.  
Pengembangan SIMBAK menggunakan model pengembangan waterfall yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain, pembuatan kode program dan pengujian. Kelebihan SIMBAK dari penelitian sejenis yaitu sistem menyediakan informasi yang terintegrasi antara data satuan pendidikan dengan data kebencanaan, sehingga pengguna memperoleh beberapa macam informasi hanya dengan mengakses sebuah sistem. Pemetaan yang ditampilkan oleh SIMBAK dapat menunjukkan satuan pendidikan yang berada dalam KRB dengan warna marker yang berbeda, sehingga dapat diidentifikasi oleh pengguna dengan mudah. Setelah SIMBAK dikembangkan, pengujian dilakukan dalam dua tahap yaitu pengujian terbatas dan pengujian diperluas untuk mengetahui kelayakan SIMBAK. Pengujian terbatas dilakukan oleh ahli sistem informasi dan ahli substansi kebencanaan. Hasil dari pengujian terbatas menunjukkan persentase nilai sebesar 86,3%. Pengujian diperluas dilakukan oleh aktor yang terlibat dalam SIMBAK yaitu petugas administrasi, operator sekolah dan pengguna. Hasil dari pengujian diperluas  menunjukkan persentase nilai sebesar 87,9%. Hasil persentase nilai yang diperoleh berada diatas 81%, sehingga dapat disimpulkan bahwa SIMBAK sangat layak diterapkan di daerah yang berada di kawasan rawan bencana.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rosihan Ari Yuana, S.Si., M.Kom.
2. Aris Budianto, S.T., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP