Penulis Utama : Daniel Aviyanto Pratama
NIM / NIP : I0112025
×

Jalan sebagai prasarana utama transportasi darat mempunyai peranan penting sebagai penghubung antara satu daerah dengan daerah yang lain. Seiring peningkatan  beban  lalu  lintas,  dapat  menyebabkan  tingkat  pelayanan  jalan menjadi berkurang. Jalan yang mengalami overloading karena terus menerus terbebani oleh volume lalu lintas yang lebih besar dari yang direncanakan, akan mengalami penurunan kekuatan struktur perkerasan jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi nilai kondisi perkerasan pada ruas jalan Klaten- Prambanan dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode Falling Weight Deflectometer (FWD), serta membandingkan hasil kedua metode tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yakni dengan mendeskripsikan dan menggambarkan data sampel sesuai dengan hasil survei di lapangan. Analisis yang digunakan menggunakan data primer yang diambil dari penilaian hasil survei PCI di lapangan, serta data sekunder berupa data lendutan hasil pengujian alat Falling Weight Deflectometer.
Hasil penelitian dengan metode PCI pada ruas Klaten-Prambanan didapat nilai 64,45, termasuk dalam kategori fair. Sedangkan dari hasil perhitungan lendutan metode FWD didapat nilai lendutan wakil (Dwakil) keseluruhan segmen sebesar 0,2811 mm, dengan usulan pemilihan jenis penanganan yaitu rekonstruksi pada perkerasan tersebut.

 

×
Penulis Utama : Daniel Aviyanto Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112025
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Nilai Kondisi Perkerasan Jalan Nasional dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Falling Weight Deflectometer (FWD) (Studi Kasus : Ruas Jalan Klaten – Prambanan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0112025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, MSc, PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats