Penulis Utama : Aulia Umi Valentina
NIM / NIP : B0115009
×

Tujuan penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu: (1) Mendeskripsikan bentuk alih kode dalam percakapan jual beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, (2) Mendeskripsikan fungsi alih kode dalam percakapan jual beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, dan (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dalam percakapan jual beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Wujud data pada penelitian ini adalah percakapan jual-beli pakaian yang mengandung alih kode di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Sumber datanya peristiwa tutur jual-beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, teknik lanjutannya ialah teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Selanjutnya dilakukan pencatatan (teknik catat) terhadap tuturan tersebut. Peneliti juga merekam peristiwa tutur yang terjadi dengan handphone/smartphone. Metode analisis data dalam penelitian ini ialah metode distribusional dan metode padan. Metode penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode formal dan informal.
Simpulan penelitian ini adalah; (1) Pemakaian alih kode dalam percakapan jual-beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo dibedakan menjadi dua bentuk yaitu: a. alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dan b. alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa. (2) Fungsi pemakaian alih kode dalam percakapan jual-beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo adalah sebagai berikut: (a) menjelaskan suatu maksud, (b) menyetujui sesuatu, (c) memastikan suatu maksud, (d) menyesuaikan atau mengimbangi bahasa yang digunakan oleh mitra tutur, (e) menghormati lawan bicara, (f) memerintah, dan (g) menegaskan suatu maksud. (3) Faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dalam percakapan jual-beli pakaian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo meliputi (a) penutur, (b) mitra tutur, (c) situasi tutur, (d) tujuan tuturan, dan (e) hal yang dituturkan
Kata kunci: Alih Kode, Percakapan Jual-Beli, Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo

×
Penulis Utama : Aulia Umi Valentina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115009
Tahun : 2019
Judul : Alih kode dalam percakapan jual-beli pakaian di desa Majasto, kecamatan Tawangsari, kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Daerah-B0115009-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.