Penulis Utama : Eko Ari Anto
NIM / NIP : A121708018
×

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar renang gaya bebas berbasis VCD pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah menengah atas.
Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan yang dilakukan oleh Borg & Gall dan dimodifikasi oleh Sugiyono menjadi dua tahap, yaitu tahap pra- pengembangan dan tahap pengembangan. Subjek uji coba skala kecil terdiri dari 10 pelajar kelas X SMA Batik 1 Surakarta. Uji coba skala besar terdiri dari 14 pelajar kelas X SMA Batik 1 Surakarta. Uji efektivitas dilakukan pada 20 pelajar kelas X SMA Batik 1 Surakarta, dengan menggunakan pra-eksperimen Intact-Group Comparison, kelompok dibagi menjadi 2 dengan tujuan 1 kelompok akan diberikan treatment, 1 kelompok dijadikan kelompok kontrol.
Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli, uji coba produk, dan uji efektivitas menunjukkan bahwa validasi ahli materi menilai model pembelajaran ini dengan 88,42% kategori sangat baik, ahli media memberikan penilaian 82,10% dengan kategori sangat baik, ahli renang memberikan penilaian 84,62% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba skala kecil diperoleh rerata nilai 80-97% dengan kategori sangat baik dan uji coba skala besar diperoleh rerata nilai 80-100% dengan kategori sangat baik. Dari hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa kelompok yang diberikan treatment gerak dasar renang gaya bebas berbasis VCD memiliki nilai lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Berdasarkan hasil uji validasi, uji coba produk, dan uji efektivitas maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran gerak dasar renang gaya bebas berbasis VCD pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang efektif dan efisien.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Gerak Dasar Renang Gaya Bebas, Pelajar Sekolah Menengah Atas, Pendidikan Jasmani

×
Penulis Utama : Eko Ari Anto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121708018
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan pembelajaran gerak dasar renang gaya bebas berbasis VCD pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah menengah atas (studi pengembangan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Keolahragaan-A121708018-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Hanik Liskustiawati, M. Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.