Penulis Utama : Umi Laila Aristiyaningrum
NIM / NIP : F1317070
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris pengaruh corporate governance (yang diproksikan dengan Komisaris Independen dan Komite Audit), kinerja keuangan (yang diproksikan dengan likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas) dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak serta perbedaan rata-rata Komisaris Independen, Komite Audit, likuiditas, solvabilitas, profitabilitas dan ukuran perusahaan pada perusahaan yang melakukan penghindaran pajak maupun tidak melakukan penghindaran pajak.

Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai data utama penelitian. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel penelitian yaitu perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018 menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan uji regresi logistik.

 Hasil penelitian ini adalah Komisaris Independen, likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap penghindaran pajak, sedangkan Komite Audit dan solvabilitas tidak berpengaruh. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan pada kelompok perusahaan yang melakukan penghindaran pajak maupun tidak melakukan penghindaran pajak dan tidak terdapat perbedaan rata-rata Komisaris Independen, Komite Audit, dan solvabilitas pada kedua kelompok tersebut. Keterbatasan penelitian ini yaitu  sampel penelitian fokus perusahaan pertambangan, periode pengamatan hanya 5 tahun, perolehan Nagelkerke R Square senilai 29% artinya ada variabel di luar model penelitian ini yang mempengaruhi penghindaran pajak dan pengukuran penghindaran pajak hanya menggunakan CETR (Cash Effective Tax Rate). Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu menggunakan objek penelitian yang berbeda, periode pengamatan diperpanjang, menggunakan variabel independen selain model penelitian ini, misalnya capital intencity, dan menggunakan pengukuran penghindaran pajak selain CETR, misalnya long-run effective ratio.

Kata Kunci : Komisaris Independen, Komite Audit, Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Penghindaran Pajak

×
Penulis Utama : Umi Laila Aristiyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1317070
Tahun : 2019
Judul : Corporate Governance, Kinerja Keuangan dan Tax Avoidance serta Ukuran Perusahaan (Firm Size) sebagai Variabel Kontrol (Studi pada Perusahaan Pertambangan Indonesia Tahun 2014-2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jurusan Akuntansi -F1317070-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si., Ak., CA, SAS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.