Penulis Utama : Nur Azizah Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214071
Tahun : 2019
Judul : Strategi Komunikasi Pemasaran Metta FM Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Pemasaran 104,7 Radio Metta FM Surakarta dalam Menjaga Eksistensi di Tengah Persaingan Radio di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D0214071-2019
Subyek : STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Munculnya media – media baru, membuat media komunikasi seperti radio semakin terpinggirkan. Prosentase penggunaan radio oleh masyarakat tergolong  rendah dibanding media lain.  Persaingan yang ketat membuat stasiun radio harus berinovasi. Metta FM, salah satu radio swasta di Surakarta terus mengoptimalkan potensi  dan kegiatan pemasarannya agar meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendengarkan siaran program di radio Metta FM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Radio Metta FM dalam mempertahankan esksistensinya di tengah persaingan radio di Kota Surakarta.
Lokasi penelitian dilakukan di Radio Metta FM, yang terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan sebagai acuan penelitian adalah teori komunikasi pemasaran oleh Soemanegara dan Kennedy.  Metode penarikan sampel dilakukan menggunakan purposive  sampling, dimana peneliti mengambil sampel dengan menetapkan kriteria khusus sesuai tujuan penelitian guna menjawab permasalahan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan menggunakan dokumentasi milik perusahaan atau lokasi penelitian. Teknis analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya.
Hasil  dari penelitian ini adalah selama ini Radio Metta FM menerapkan enam tahap strategi komunikasi pemasaran, yaitu  : pertama, mengkaji kegiatan pemasaran Metta FM di tahun sebelumnya. Kedua,  Metta FM menyusun rencana anggaran, serta menyusun rencana kegiatan yang sesuai tujuan perusahaan. Ketiga, dilakukan pemilihan mitra kerja dan media promosi. Keempat, dilakukan eksekusi rencana kegiatan menggunakan tiga jenis bauran komunikasi, yaitu : personal selling, direct marketing dan event. Kelima, perusahaan melakukan monitoring dan analisis situasi. Keenam, dilakukan riset guna mengetahui respon konsumen dari kegiatan pemasarannya Strategi komunikasi pemasaran tersebut dinilai efektif untuk mempertahankan eksistensi Radio Metta FM.

Kata kunci : strategi komunikasi pemasaran, radio, eksistensi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, MM.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP