Penulis Utama : Ika Wahyu Sulistiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3116018
Tahun : 2019
Judul : Strategi Penyelesaian Penundaan Ekspor oleh PT EMKL Wahyu Mandiri Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi dan Bisnis-Prodi DIII Manajemen Perdagangan-F3116018-2019
Subyek : PENUNDAAN EKSPOR, KERUGIAN EKSPOR
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan studi lapangan bahwa terjadi penundaan ekspor yang dilakukan oleh importir. Dibutuhkan peran Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) untuk membantu melaksanakan penyelesaian akan kasus ini. PT EMKL Wahyu Mandiri merupakan perusahaan ekspedisi muatan kapal laut yang bergerak di bidang jasa pengurusan ekspor impor dan berkewajiban mengurus masalah seperti ini dan masalah yang lain jika terjadi masalah yang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang mengakibatkan penundaan ekspor, beserta peran dari pihak EMKL dan kerugian apa saja yang timbul dari masalah ini.

Metodologi yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode analisis deskriptif mengenai strategi penyelesaian penundaan ekspor yang dilakukan oleh PT EMKL Wahyu Mandiri. Penulis mendeskripsikan data-data dan fakta yang ditemukan selama penelitian berlangsung. Dari informasi yang telah didapat kemudian dirangkum dan disusun secara naratif agar menjadi sebuah informasi dasar yang digunakan sebagai evaluasi dan masukan.

Hasil dari penelitian ini meliputi faktor yang menyebabkan penundaan ekspor yaitu importir tidak bisa menerima barang yang bahan bakunya tidak sesuai dengan yang sudah ada pada kontrak. Langkah yang dilakukan pihak EMKL untuk menyelesaikan masalah ini adalah membuat surat permohonan batal muat kontainer dan kontainer balik ke depo serta membayar lift off. Kerugian yang ditimbulkan dari kasus ini tidak tergolong besar dan kerugian ini nantinya dapat ditagihkan ke pihak yang sudah menggunakan jasa ekspedisi muatan kapal laut. Saran dari peneliti yaitu PT EMKL Wahyu Mandiri agar melakukan identifikasi terhadap barang yang rusak tersebut dan dicari sebab kerusakan sehingga dapat diketahui dimana letak kesalahan dan siapa yang harus bertanggung jawab.

Kata kunci : Penundaan Ekspor, Kerugian Ekspor

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Ismoyowati, SE, M.Ec.Dev
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis