Penulis Utama : Ahmad Irham Rahimi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0415010
Tahun : 2019
Judul : Studi Eksperimental Pengaruh Sudut Perletakan Straight Blade Terhadap Daya Output Turbin Savonius Pada Aliran Air Dalam Pipa
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. TEKNIK - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. TEKNIK Prog. TEKNIK MESIN-I0415010-2019
Subyek : TURBIN SAVONIUS, STRAIGHT BLADE , DAYA OUTPUT, POWER COEFFICIENT, TIP SPEED RATIO, ENERGI TERBARUKAN, HEAD.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Berkurangnya sumber energi fosil mendorong orang untuk beralih dari energi fosil ke energi terbarukan karena energi sebagai aspek penting kehidupan. Salah satu upaya saat ini untuk memanfaatkan sumber daya air sebagai energi terbarukan adalah pengembangan turbin air Savonius. Turbin air Savonius konvensional memiliki konstruksi dan aplikasi sederhana. Namun, turbin menghasilkan daya yang relatif kecil yang memerlukan penilaian lebih lanjut untuk meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sudut perletakan straight blade  terhadap kinerja turbin air Savonius pada sumbu horizontal. Penelitian ini menggunakan metode air jatuh bebas  dengan 3 keadaan debit dan head yang berbeda dengan jumlah sudu 5.  Variasi turbin yang diujikan yaitu sudut perletakan straight blade  75°, 80°, 85° dan 90°. Berdasarkan penelitian, turbin Savonius dengan  sudut perletakan 85° telah menghasilkan power output dan Power Coefficient yang terbaik dengan nilai daya listrik 21,22 Watt dan nilai Cp  0,043 pada Tip Speed Ratio 0,781.

Kata kunci : Turbin Savonius, straight blade  , daya output, Power Coefficient, Tip Speed Ratio, Energi terbarukan, Head.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PENGESAHAN.pdf.pdf
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Syamsul Hadi, S.T., M.T.
2. Dominicus Danardono Dwi Prija Tjahja., S.T., M.T., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik