Penulis Utama : Muhamad Firdaus Ashari
NIM / NIP : F3316039
×

Abstrak

Strandar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) merupakan salah satu Standar Akuntansi Keuangan yang ditetapkan untuk mempermudah UMKM menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem akuntansi sederhana yang dapat membantu dan memudahkan pemilik UMKM Berkah Motor dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan berbasis SAK EMKM dengan menggunakan Aplikasi SI APIK serta diharapkan memberi kemudahan akses kepada pendanaan dari perbankan atau lembaga keuangan lainnya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan kajian literatur dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi SI APIK dapat memudahkan Berkah Motor dalam membuat laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti memberikan saran kepada Berkah Motor untuk membuat laporan keuangan sesuai SAK EMKM dengan menggunakan aplikasi SI APIK agar mempermudah mendapatkan modal dari pihak perbankan atau lembaga keuangan lainnya serta digunakan sebagai dasar pengambil keputusan.

Kata kunci : Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM, Aplikasi SI APIK.<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Muhamad Firdaus Ashari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3316039
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Laporan Keuangan UMKM Berbasis SAK EMKM Menggunakan Aplikasi SI APIK pada Berkah Motor Jepara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ekonomi dan Bisnis-Prodi DIII Akuntansi-F3316039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Andi Asrihapsari, S.E., M.Sc., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.