Penulis Utama : Dessy Nur Maulina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031708008
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - PASCASARJANA - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCASARJANA Prog. PGSD-S031708008-2019
Subyek : PERANGKAT PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN IPS, PROBLEM BASED LEARNING, KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran berbassis problem based learning pada pembelajaran IPS kelas V di Kabupaten Grobogan; (2) mendiskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran IPS siswa kelas V di SD Negeri di Kabupaten Grobogan; (3) menemukan keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran IPS siswa kelas V di SD Negeri di Kabupaten Grobogan.
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan penelitian pengembangan Brog and Gall yang telah di modifikasi menjadi tiga tahap yaitu: 1) tahap studi pendahuluan: 2) tahap pengembangan produk; 3) tahap pengujian produk. Produk penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) yang berbentuk buku. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, data dokumentasi dan tes. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik multistage cluster random sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis uji t non-independent pada tahap pengembangan dan uji t independent pada tahap pengujian.
Hasil penelitian dan pengembangan ini disimpulkan bahwa: 1) Analisis kebutuhan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan belum mampu menyampaikan materi secara terfokus dan mendalam. Oleh karena itu, siswa dan guru membutuhkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang memberikan pengalaman nyata bagi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; 2) Berdasarkan uji t non-independent pada uji luas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning; 3) Produk perangkat pembelajaran berbasis problem based learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPS siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi peristiwa penjajahan di Indonesia.
 
Kata kunci    : Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran IPS, Problem Based Learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PENGESAHAN.pdf.pdf
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana