Penulis Utama : Erna Fajar Dewanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115010
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi Implementasi Kebijakan (Analisis Kepatuhan Pelaksana dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri Colomadu)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - F. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. Ilmu Administrasi Negara-D1115010-2019
Subyek : EVALUASI KEBIJAKAN, ANALISIS KEPATUHAN, KURIKULUM 2013
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

ERNA FAJAR DEWANTI, D1115010, EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN (ANALISIS KEPATUHAN PELAKSANA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI COLOMADU), SKRIPSI, JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK, UNIVERSITAS SEBELAS MARET, SURAKARTA, 2019, 93 HALAMAN.
Pada tahun 2013 terbit Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013 yang di dalamnya memuat pedoman implementasi kurikulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepatuhan pelaksana dalam proses implementasi Kurikulum 2013 di SMA N Colomadu. Dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 di SMA N Colomadu.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri Colomadu. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data yang diperoleh melalui wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel yaitu purposive sampling. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil dari penilitian menunjukkan bahwa dari berbagai aktivitas implementasinya yang terdiri dari organisasi, interpretasi dan aplikasi, menunjukkan bahwa pelaksanaan telah mematuhi apa yang ada dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis. Dalam kepatuhan pelaksana Kurikulum 2013 dipengaruhi oleh komunikasi dan disposisi atau sikap pelaksana sebagai faktor pendukung. Sedangkan sumber daya dan birokrasi dinilai sebagai faktor penghambatnya.

Kata Kunci: Evaluasi Kebijakan, Analisis Kepatuhan, Kurikulum 2013

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PENGESAHAN.pdf.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Yuliani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP