Penulis Utama : Novalya Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0111520
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan kecerdasan emosional antara anak tunggal dengan anak yang memiliki saudara kandung pada mahasiswa program studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran-G0011152-2019
Subyek : KECERDASAN EMOSIONAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Anak tunggal sering dianggap sebagai anak yang berpotensi untuk memiliki masalah perilaku dibanding mereka yang memiliki saudara kandung (manja, egois, dan tidak mampu bersikap mandiri). Beberapa penelitian yang ada menunjukkan inkonsistensi mengenai ada tidaknya perbedaan kecerdasan emosional antara anak tunggal dengan anak yang memiliki saudara kandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosional antara anak tunggal dengan anak yang memiliki saudara kandung pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.  

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada Juni 2018 dengan subjek penelitian adalah mahasiswa aktif Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih sampel sebanyak 60 mahasiswa. Data skor kecerdasan emosional diperoleh dari kuesioner kecerdasan emosional yang sudah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t tidak berpasangan.

Hasil Penelitian: Hasil uji t tidak berpasangan menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna pada kecerdasan emosional antara anak tunggal dengan kecerdasan emosional anak dengan saudara kandung pada mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS. (p = 0,372). 

Simpulan Penelitian: Tidak ada perbedaan yang bermakna pada kecerdasan emosional antara anak tunggal dengan kecerdasan emosional anak yang memiliki saudara kandung pada mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
HAL_PENGESAHAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Istar Yuliadi M.S
2. Dra. Indriyati
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran