Penulis Utama : Monica Ayu Panglipuringtyas
NIM / NIP : D0414035
×

Pengembangan ecotourism merupakan salah satu perwujudan dari sustainable development (SD) di bidang pariwisata karena pelaksanaannya memerhatikan aspek sosial, lingkungan dan ekonomi masyarakat. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengaplikasikan konsep ecotourism di untuk mengembangkan Desa Ekowisata “WOW Malaka” melalui kolaborasi antarpihak antara INGO(International Non-Governmental Organization) dengan masyarakat lokal dan pemerintah. Tugas akhir ini merupakakan penelitian aksi atau ground action reserach yang pada proses perencanaan dan pelaksanaannya akan merujuk pada metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Konsep yang digunakan diantaranya konsep International Non-Governmental Organization, Sustainable Development, Ecotourism dan People-Centered Development.

Setelah melaksanakan pengembangan program, maka hasil dari pelaksanaan tugas akhir ini ialah terciptanya masyarakat yang sadar dan dapat memobilisasi sumber daya alam yang ada, terciptanya Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Melka yang kuat dan memahami pengaplikasian ecotourism, dan terciptanya jaringan (networking) antara pemerintah dan Pokdarwis Melka secara mutual dan kontinyu dalam mengembangankan wilayah Desa Malaka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan local-based ecotourism “WOW Malaka” Di Desa Malaka, Lombok Utara tahun 2017-2018  merupakan bentuk konkrit dari pengaplikasian kajian ilmu Hubungan Internasional dalam upaya untuk mendukung capaian pelaksanaan SDGs/TPB sebagai agenda pembangunan global dan nasional di level grass roots.

Kata Kunci : WOW Malaka, Ecotourism, Sustainable Development, INGO, Ridge to Reef Development, SDGs/TPB

×
Penulis Utama : Monica Ayu Panglipuringtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414035
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Local-Based Ecotourism di Desa Malaka Lombok Utara Melalui Kolaborasi antara Yayasan Global Banjar Internasional, Kelompok Sadar Wisata Melka, dan Pemerintah Desa Malaka Tahun 2017-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2019
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0414035-2019
Kata Kunci : WOW Malaka, Ecotourism, Sustainable Development, INGO, Ridge to Reef Development, SDGs/TPB
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.