Penulis Utama : Ratna Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115134
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Metode Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas V SDNegeri 2 Ngadirojo Lor Wonogiri Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7115134-2019
Subyek : CARD SORT, KETERAMPILAN MENULIS PUISI, SEKOLAH DASAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Ngadirojo Lor Wonogiri melalui penggunaan metode pembelajaran Card Sort.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 26 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan model interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik dari prasiklus, siklus I, siklus II, hingga siklus III. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat teacher-centered sehingga keterampilan menulis puisi peserta didik rendah. Rata-rata skor tes pratindakan yaitu 62,88 dengan ketuntasan klasikal 23%. Peningkatan terjadi pada siklus I. Keterampilan menulis puisi meningkat walaupun belum optimal. Diperkuat dengan bukti rata-rata skor tes yaitu 71,8 dengan ketuntasan klasikal 38,46%. Pelaksanaan siklus II kembali meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik diperkuat dengan skor tes rata-rata 74,7 dengan ketuntasan klasikal 53,9%. Pelaksanaan siklus III menyebabkan keterampilan menulis puisi peserta didik menjadi baik dan meningkat sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.  Skor tes rata-rata menunjukkan angka 76,8 dengan ketuntasan klasikal 80,75%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas V SD Negeri 2 Ngadirojo Lor Wonogiri tahun pelajaran 2018/2019.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartono, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP