Penulis Utama : Soma Surya Persada
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415056
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Berpikir Historis dalam Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4415056-2019
Subyek : BERPIKIR HISTORIS, BUKU TEKS, PELAJARAN SEJARAH, SILABUS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan konsep berpikir historis pada buku teks pelajaran sejarah SMA berdasarkan kurikulum 2013. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah pengembangan berpikir historis dalam silabus SMA mata pelajaran Sejarah Indonesia kurikulum 2013, 2) bagaimanakah pengembangan berpikir historis dalam buku teks pelajaran sejarah SMA di Indonesia.

Untuk menjawab rumusan masalah yang diajukan, penelitian ini merupakan kajian kualitatif dengan metode analisis isi dan pendekatan hermeneutika. Metode dan pedekatan tersebut digunakan untuk mengungkap kandungan konsep berpikir historis pada empat buku teks pelajaran sejarah SMA yang diterbitkan pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) dalam bentuk e-book, yaitu  Sejarah Indonesia SMA untuk Kelas X (2017), Sejarah Indonesia SMA untuk kelas XI semester 1 (2017), sejarah Indonesia SMA untuk kelas XI semester 2 (2017), dan Sejarah Indonesia SMA untuk kelas XII (2018). Analisis buku teks dilakukan dengan menggunakan model berpikir historis (historical thinking) yang dikembangkan National Council Historical in the School (NCHS) sebagai acuan, yang terdiri dari: 1) berpikir krnologis (chronological thinking), 2) pemahaman sejarah (historical comprehension), 3) analisis dan interpretasi historis (historical analysis and interpretations), 4) analisis isu historis dan pengambilan keputusan (historical analysis issue and decision making), 5) kemampuan penelitian sejarah (historical research capabilities).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penekanan standar berpikir historis antara silabus SMA mata pelajaran Sejarah Indonesia kurikulum 2013 dan buku teks pelajaran sejarah SMA. Pada silabus, standar berpikir historis yang dikembangkan lebih menekankan pada standar pemahaman sejarah (historical comprehension). Hal ini terlihat pada muatan kompetensi dasar (KD) yang terdapat dalam silabus. Di pihak lain, pengembangan berpikir historis dalam buku teks lebih menekankan pada standar analisis dan interpretasi historis (historical analysis and interpretations) yang dapat dicermati komponen isi buku teks pelajaran sejarah SMA.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hieronymus Purwanta, MA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP