Penulis Utama : Amalya Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116009
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD N Tunggulsari I Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi : 98 p. : ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116009-2020
Subyek : MODEL PEMBELAJRAN-- CONCEPT SENTENCE ; KETERAMPILAN MENULIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan narasi melalui model pembelajaran Concept Sentence menggunakan media flash card pada siswa kelas V SD N Tunggulsari I Tahun Pelajaran 2019/2020.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan,  pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Tunggulsari I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. 
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data interaktif dan teknik analisis data deskriptif komparatif.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD N Tunggulsari I tahun pelajaran 2019/2020. Dalam aspek isi, organisasi, kosakata, pengembangan bahasa, dan mekanik. Skor keseluruhan aspek tersebut mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Perolehan skor ketuntasan klasikal pada saat pratindakan adalah 19,3% meningkat menjadi 45,1% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 90,3%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan yakni penerapan model pembelajaran concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi nsiswa kelas V SD N Tunggulsari I. 

Kata Kunci: keterampilan menulis narasi, model concept sentence. 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
Persetujuan Upload.jpg
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
JURNAL.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartono, M. Hum.
2. Karsono, S.Sn, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP