Penulis Utama : Antonius Singgih Setiawan
NIM / NIP : T401408002
×

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh power pemilik, pilihan strategi, peran akuntan, penggunaan akuntansi manajemen strategis pada kinerja terintegrasi hotel, serta membuktikan perbedaan tingkat power pemilik, pilihan strategi, peran akuntan, penggunaan akuntansi manajemen strategis serta kinerja terintegrasi hotel berdasarkan kategori etnisitas pemilik hotel.

Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan data primer melalui survei terhadap general managel/pimpinan hotel berbintang di wilayah Sumatera. Sebanyak 395 kuesioner telah disampaikan kepada general manager/pimpinan hotel. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 224 (56,71%). Analisis Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Squares (PLS) menggunakan software Warp PLS versi 5.0. dipakai untuk menguji H1 – H8. Analisis Mann-Whitney nonparametric tests for two independent samples dipakai untuk menguji H9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin rendah power pemilik akan mendorong manajemen hotel pada pilihan strategi prospector, peningkatan peran akuntan dan peningkatan penggunaan akuntansi manajemen strategis. Pilihan strategi prospector akan mendorong peningkatan peran akuntan dan penggunaan akuntansi manajemen strategis. Peningkatan peran akuntan akan mendorong peningkatan penggunaan akuntansi manajemen strategis dan kinerja terintegrasi hotel. Peningkatan penggunaan akuntansi manajemen strategis juga akan mendorong peningkatan kinerja terintegrasi hotel. Hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan pada tingkat power pemilik, pilihan strategi, peran akuntan, penggunaan akuntansi manajenen strategis dan kinerja terintegrasi berdasarkan perbedaan etnisitas pemilik.

 

×
Penulis Utama : Antonius Singgih Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401408002
Tahun : 2019
Judul : Anteseden – Konsekuensi Akuntansi Manajemen Strategis: Peran Power Pemilik (Studi pada Industri Hotel di Wilayah Sumatera)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Doktor Ilmu Ekonomi-T401408002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.