Penulis Utama : Ani Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0915008
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh variasi suhu pada proses ekstraksi dan metode Foam Mat Drying pada proses pengeringan inulin terhadap karakteristik fisik dan kimia inulin ubi jalar putih (Ipomoea batatas L.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Tehnologi Pangan-H0915008-2019
Subyek : UBI JALUR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Inulin merupakan serat makanan yang dapat larut yang sangat berguna untuk pencernaan dan kesehatan tubuh. Beberapa faktor dapat mempengaruhi karakteristik fisik dan kimia inulin yang dihasilkan seperti suhu dan metode pengeringannya. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui rendemen serta karakteristik fisik dan kimia inulin ubi jalar putih. Rancangan percobaan dalam penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor perlakuan. Untuk variasi suhu ekstraksi dilakukan pada suhu 40C, 60C, dan 80C sedangkan proses pengeringan foam mat menggunakan foaming agent 2?n
10%. Karakteristik fisik dan kimia yang dianalisis yaitu daya serap air, kelarutan, ketersediaan, dan kadar air inulin. Hasilnya adalah semakin tinggi suhu dan konsentrasi foaming agent maka kadar air dan rendemen semakin rendah, daya serap air dan kelarutan akan semakin besar. Sedangkan untuk analisis ketersediaan menunjukkan bahwa yang dihasilkan dari seluruh formulasi berupa inulin meskipun diduga memiliki jumlah yang berbeda.

 

Kata kunci: ubi jalar putih, inulin, foam mat drying

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan .pdf
1. Cover .pdf
2. BAB I .pdf
3. BAB II. .pdf
4. BAB III. .pdf
5. BAB IV. .pdf
6. BAB V. .pdf
7. Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sigit Prabawa, M.Si
2. Bara Yudhistira, S.T.P., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian