Penulis Utama : Fulusia Nurmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116066
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Melalui Model Circuit Learning di Kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7116066-2020
Subyek : KETERAMPILAN MENULIS, TEKS NARASI, MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulisteks narasi melalui model Circuit Learning pada siswa kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Tahun Ajaran 2019/ 2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam  2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan validitas isi, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada setiap siklus. Data dari hasil pratindakan yaitu belum ada yang tuntas KKM, pada siklus I diperoleh hasil  ketuntasan klasikal pada kelas tersebut sebesar 41.18%, kemudian pada siklus II sebesar 82.35%.

Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Circuit Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Tahun 2018/2019.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP