Penulis Utama : Suci Indah Sari
NIM / NIP : M3116073
×

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memacu berkembangnya berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya dalam aspek perkembangan anak usia dini. Anak usia dini memerlukan sarana untuk membantu tumbuh kembang, seperti permainan yang bernilai edukatif. Selain itu, pada proses belajar mengajar seringkali anak kurang tertarik terhadap apa yang sedang diajarkan oleh guru karena kurang menariknya media yang digunakan atau masih bersifat tradisional. Selain itu, sejauh ini masih jarang terdapat jenis permainan anak yang menggabungkan visualisasi permainan alat peraga manual dengan game yang berbasis android. Untuk itu perlu ada pengembangan dan inovasi dalam dunia permainan anak-anak khususnya anak usia dini yaitu permainan edukatif yang berbasis teknologi Augmented Reality.
Pembuatan Game Edukasi Augmented Reality Pengenalan Huruf, Angka, Warna, dan Bentuk Bangun Datar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android dirancang dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu mencari referensi kurikulum pembelajaran yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan di PAUD. Pembuatan Game Edukasi Augmented Reality dilakukan menggunakan beberapa software seperti Unity3D, Vuforia, Blender, Corel Draw X7, dan Adobe Audition.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran berbasis game untuk anak usia dini (usia 2-5 tahun) tentang pengenalan huruf, angka, warna, dan bentuk bangun datar. Dengan adanya aplikasi tersebut, diharapkan menjadi salah satu alternatif media pembelajaran berbasis game yang dapat meningkatkan motivasi bagi anak usia dini yang menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami.
Penelitian ini berdasarkan hasil pengujian fungsional aplikasi dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Berdasarkan hasil pengujian penerimaan perangkat dapat digunakan pada pencahayaan terang dengan jarak kamera ke marker 10 – 40 cm serta dengan sudut pandang kamera ke marker sebesar 300 - 600 agar objek terdeteksi dengan baik.
Kata Kunci : Augmented Reality, Game Edukasi, Anak Usia Dini

×
Penulis Utama : Suci Indah Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3116073
Tahun : 2019
Judul : Pembuatan game edukasi augmented reality pengenalan huruf, angka, warna, dan bentuk bangun datar untuk anak usia dini berbasis android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2019
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M3116073-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiqurrakhman N.H, S.Kom., M.Cs
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.