Penulis Utama : Safrenda Yanuar Fauzi
NIM / NIP : K4614081
×

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar keterampilan teknik dasar passing atas bolavoli dengan menerapkan modelpembelajaran kooperatif learning tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali tahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 18 siswa putra dan 4 siswa putri. Sumber data didapatkan dari guru, siswa, dan peneliti. Uji validitas data menggunakan teknik penilaian triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik persentase dalam melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses proses pembelajaran.

Hasil penelitian ini dapat ditunjukkan dengan data sebagai berikut : hasil belajar keterampilan teknik dasar passing bolavoli pada siklus I memperoleh hasil dengan presentase 68,18 % atau 15 siswa di nyatakan tuntas, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,82% atau 18 siswa yang di nyatakan tuntas dan 4 siswa dinyatakan belum tuntas mencakup batas nilai KKM yang telah ditentukan, yaitu 75. Dalam penelitian ini memiliki indikator pencapaian dengan target 80%.

Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Team Game Tournament Teknik Dasar Passing Atas Bolavoli.

×
Penulis Utama : Safrenda Yanuar Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614081
Tahun : 2019
Judul : Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas XI TGB SMK Ganesha Tama Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. IKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Pendidikan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4614081-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.