Penulis Utama : Rullyka Octaviani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415051
Tahun : 2019
Judul : Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ketarunaan untuk Mewujudkan Karakter Bela Negara di SMK Negeri 2 Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Studi PPKN-K6415051-2019
Subyek : NILAI PANCASILA, KARAKTER, BELA NEGARA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis : 1) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Ketarunaan untuk mewujudkan karakter Bela Negara di SMK Negeri 2 Sragen, 2) Faktor penghambat Pendidikan Ketarunaan untuk mewujudkan karakter bela negara di SMK Negeri 2 Sragen, 3) Dampak pelaksanaan penanaman nilai-nilai Pancasila melalui Pendidikan Ketarunaan untuk mewujudkan karakter Bela Negara di SMK Negeri 2 Sragen.
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Sumber data diperoleh dari informan, tempat,dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi,dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian : 1. Pelaksanaan penanaman nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan ketarunaan untuk mewujudkan karakter bela negara di SMK Negeri 2 Sragen melalui : 1) pemberian materi yang sesuai dengan bela negara, 2) pengaplikasian materi bela negara melalui pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional, pembiasaan hormat bendera setiap pagi , kegiatan upacara dan apel  agar menumbuhkan jiwa nasionalisme, 3) menjadikan siswa yang disiplin, taat hukum, dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 2. Faktor Penghambat Pendidikan Ketarunaan Untuk Mewujudkan Karakter Bela Negara Di SMK Negeri 2 Sragen, adalah 1) masih ada beberapa guru yang belum sepakat dengan kegiatan tersebut, 2) masih terdapat siswa yang malas mengikuti kegiatan, 3) kurang lengkapnya fasilitas yang mendukung pelaksanaan program, 4) Pada Regulasi dalam penetapan SK Kepala Sekolah belum memuat aturan hukum baru yang lebih relevan pada penguatan pendidikan karakter, 5) Dalam RPP dan Silabus belum memuat komponen Kompetensi Inti, dan belum mencantumkan buku materi sebagai sumber belajar. 3. Dampak Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Ketarunaan Untuk Mewujudkan Karakter Bela Negara di SMK Negeri 2 Sragen. a. Dampak Positif : beberapa hal berikut meningkat lebih baik diantaranya, sikap disiplin, lebih menghargai simbol negara, hafal lagu wajib,  pemahaman siswa terkait bela negara dan Pancasila, kerapian dalam penampilan juga, keberanian dalam mengungkapkan pendapat, sikap sopan santun, kecintaan terhadap negara, tercipta siswa yang lebih religius, dan memiliki kesadaran sebagai warga negara yang taat hukum b. Dampak Negatif : Siswa cenderung mengantuk setelah mengikuti kegiatan.

Kata Kunci : Nilai Pancasila, Karakter, Bela Negara

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Surat Persetujuan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rini Triastuti, S.H; M. Hum.,
2. Dr.Rita Noviani, S.Si.M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP