Penulis Utama : Anak Mas Dwi Pujangga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117008
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kemiskinan di Provinsi Papua Tahun 2011-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Dan Bisnis-Program Studi Ekonomi Pembangunan-F1117008-2019
Subyek : KEMISKINAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, IPM, PENGANGGURAN, PAPUA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, IPM dan pengangguran terhadap kemiskinan di Provinsi Papua padatahun 2011-2017. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laju Produk Domestik Regional Bruto Atas Dasar Harga Konstan (PDRB ADHK), IPM dan tingkat pengangguran terbuka. Sampel digunakansebanyak 29 kabupatenataukotasemalatujuhtahun.
Teknik analisis data menggunakan metode analisisdata panel,menggunakan fixed effectdengan? = 5 persen.Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwapertumbuhanekonomi tidak berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Papua, IPM berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Papua dengan koefisien sebesar 1,47 persen dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Papua dengan koefisien sebesar 0,13 persen.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diajukan beberapa saran antara lain: Untuk  meningkatkan  pertumbuhan  ekonomi  yang  berkualitas  dan  mampu mengurangi  jumlah  kemiskinan,  sebaiknya  pemerintah menerapkan teori trickle-down effect, sebaiknya pemerintah membuat kebijkan pembangunan SDM dengan melakukan perbaikan akses terhadap konsumsi pelayanan social (pendidikan, kesehatan dan gizi) untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan, sebaiknya pemerintah mencari investor untuk menciptakan lapangan pekerjaan di wilayah yang masyarakatnya banyak yang menganggur dan di lain sisi masyarakat setempat dibina untuk menjadi wirausaha dengan memberikan pelatihan-pelatihan untuk membuat suatu produk atau jasa tertentu.


Kata Kunci : Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, IPM, Pengangguran

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E.,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis