Penulis Utama : Atik Dina Nasekha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215014
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Keaktifan dan Keterampilan Membaca Teks Piwulang Serat Wulangreh dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215014-2019
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, METODE THINK PAIR AND SHARE, KETERAMPILANMEMBACA PEMAHAMAN, TEMBANG MACAPAT PUPUH KINANTHI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menelaah teks piwulang serat wulangreh pupuh kinanthidengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair and share. Selain itu juga untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menelaah teks piwulang serat wulangreh pupuh kinanthidengan menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair and share pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Banyudono.Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Dilaksanakan dalam dua kali siklus yang setiap siklusnya terdiri atas kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi.
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 32 siswa.Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas (1) informan, datanya berupa data hasil wawancara, data hasil pengisian angket, dan data hasil observasi siswa;(2) peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran, datanya yaitu data pengamatan peneliti di dalam kegiatan pembelajaran; dan (3) dokumen, datanya yaitu catatan hasil wawancara, catatan hasil observasi, angket yang sudah diisi oleh siswa, RPP, silabus, data hasil pekerjaan siswa, data nilai siswa, dan foto kegiatan pembelajaran.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen.Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis kritis dan deskriptif komparatif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai keaktifan dan keterampilan menelaah teks piwulang serat wulangreh pupuh kinanthisetelah penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair and share. Peningkatan yang terjadi terlihat dari ketuntasan klasikal siswa yaitu pada prasiklus ketuntasan klasikal siswa sebesar 37,5%, pada tahap siklus I sebesar 68,75%, dan pada tahap siklus II sebesar 90,62%. Nilai rata-rata siswa pada tahap prasiklus sebesar 66,25, pada tahap siklus I sebesar 78,43, dan pada tahap siklus II sebesar 87,18.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, metode think pair and share, keterampilanmembaca pemahaman, tembang macapat pupuh kinanthi.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP