Penulis Utama : Dwi Nur Muarifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214010
Tahun : 2019
Judul : Analisis Konflik Sosial dan Nilai Moral Dalamnaskah Drama “Pasar Kaget” Karya Lufiana, S.S serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keguruan dan Ilmu Pendidikan - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan-Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4214010-2019
Subyek : NASKAH DRAMA, KONFLIK SOSIAL, NILAI MORAL, MATERI AJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Sastra merupakan salah satu produk budaya yang mempunyai peranan sebagai alat untuk mendidik. Pembelajaran sastra dapat membantu pendidikan secara utuh dengan mencakup empat manfaat yaitu, membantu keterampilan berbahasa, meningkatkan pengetahuan budaya, mengembangkan cipta dan karsa, serta menunjang pembentukkan watak. Salah satu bentuk karya sastra adalah naskah drama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) konflik sosial dalam naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S; (2) nilai moral yang terkandung dalam naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S; (3) relevansi naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk menghadirkan alternatif materi ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Data dalam penelitian ini berupa konflik sosial dan nilai moral dalam naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S, serta relevansinya sebagai materi ajar apresiasi sastra. Sumber data pada penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang ada pada penelitian yakni analisis interaktif.
Sesuai dengan tujuan penelitian, hasil dari penelitian ini menunjukkan konflik sosial dan nilai moral dalam naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S, relevan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA. Adapun wujud dari konflik sosial dalam naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S adalah kemiskinan dan kejahatan. Konflik sosial berupa kejahatan terdiri dari penipuan yang dialami oleh para pedagang Pasar Kaget, kekerasan yang dilakukan Budi preman, pembunuhan Budi preman oleh seorang pedagang pasar, dan pembakaran fasilitas umum yang dilakukan oleh Giman. Dalam naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S juga terdapat nilai moral di antaranya: kepercayaan kepada Tuhan, tanggung jawab, bertekad kuat, saling menasihati, dan rela berkorban untuk kepentingan bersama. Selanjutnya adalah hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa naskah drama Pasar Kaget karya Lufiana S.S relevan sebagai materi ajar apresiasi sastra di SMA.

Kata Kunci: naskah drama, konflik sosial, nilai moral, materi ajar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum
2. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP