Penulis Utama : Hefi Ratna Noferawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3116034
Tahun : 2019
Judul : Sistem monitoring penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) puskesmas wilayah Surakarta (studi kasus: puskesmas Gilingan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M3116034-2019
Subyek : PUSKESMAS
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, disebutkan bahwa Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan diwilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya. Permasalahan yang terjadi yaitu sulitnya pemantauan/monitoring yang dilakukan oleh kepala puskesmas dan pihak Dinas Kesehatan dikarenakan informasi dan laporan yang diterima sering kali terlambat sehingga tidak dapat secara cepat mengetahui masalah yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan, dan menyebabkan lambatnya penyelesaian permasalahan.
Berdasarkan masalah tersebut diusulkan sebuah sistem berbasis komputer yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan dalam mengendalikan dan melakukan monitoring terhadap kegiatan penyelenggaraan UKM Puskesmas. Indikator yang digunakan dalam memonitoring adalah waktu, scope kegiatan dan biaya. Sistem ini dirancang dengan konsep berorientasi objek dan desain system yang digambarkan menggunakan UML. Desain sistem tersebut diterapkan dalam lingkungan web yang berbasis PHP dan menggunakan basisdata MySQL.
Dan hasil akhir Sistem Monitoring Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas, yang bermanfaat untuk membantu memonitoring dan melaporkan perkembangan kegiatan.(fitur dan kendala)
Kata kunci : Monitoring, Progres Pelaksanaan kegiatan UKM, Sistem Informasi, Web, UML

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
pernyataan .pdf
depan_1.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab 4.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Purbayu, S.Si., M.Kom
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA