Penulis Utama : Muhammad Ahsan Mulya Syabani
NIM / NIP : B3216031
×

Tourist  Information  Service  yang  berada  di  Stasiun  Besar  Yogyakarta merupakan sebuah unit pelayanan secara struktural bagian dari Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, di bawah naungan Bidang Pengembangan Pemasaran khususnya pada Seksi Pengelolaan Informasi Pariwisata. Dan yang memiliki fungsi secara khusus untuk melayani informasi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penulisan laporan penelitian ini terdapat  perumusan masalah diantaranya, Peran  Tourist Information Service (TIS) dalam penyediaan layanan informasi kepariwisataan dan apa saja kendala yang ditemui dilapangan serta solusi dalam penyediaan layanan informasi kepariwisataan Tourist Information Service (TIS) di  Stasiun Besar Yogyakarta.
Metode yang digunakan didalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif yaitu cara mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan kemudian memberikan gambaran sesuai kenyataan pada waktu penelitian agar dapat ditampilkan menjadi lebih ilmiah. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penulisan laporan ini yaitu observasi lapangan secara langsung di Tourist Information Service (TIS) Stasiun Besar Yogyakarta, wawancara serta studi pustaka sebagai tambahan informasi dan ilmu dari sumber yang berbeda.
Adapun manfaat teoritis dari penulisan ini adalah dapat menambah wawasan keilmuan khususnya bidang kepariwisataan yang berkaitan dengan pelayanan. Sedangkan manfaat praktis dalam penulisan laporan ini adalah dapat memberi informasi lengkap mengenai bentuk pelayanan   Tourist Information Service (TIS) di Stasiun Besar Yogyakarta serta memberikan informasi mengenai peran Tourist Information Service (TIS) dalam penyediaan layanan informasi kepariwisataan di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan  peran Tourist Information Service (TIS)  di Stasiun Besar Yogyakarta dalam penyediaan layanan informasi kepariwisataan. Selain itu, penelitian ini juga membahas kendala yang dialami petugas  staf  Tourist  Information  Service  (TIS)  dalam  penyediaan  layanan informasi   kepariwisataan   di   Stasiun   Besar   Yogyakarta   beserta   solusinya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja upaya yang telah dilakukan oleh Tourist Information Service (TIS) dalam penyediaan layanan informasi  kepariwisataan  di  Stasiun  Besar  Yogyakarta  yaitu  pelayanan  yang sesuai dengan standar operasional prosedur, penyediaan fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan seperti peta wisata, agenda wisata, buku panduan wisata, brosur wisata, informasi mengenai hotel yang ada di Yogyakarta, daftar nomor telepon penting, daftar jadwal kereta api di Stasiun Besar Yogyakarta, daftar Taxi yang tersedia  di  Stasiun  Besar  Yogyakarta  dan  letak  money  changer  yang  ada  di Yogyakarta. Program yang pernah diselenggarakan oleh Tourist Information Service (TIS) yaitu posko lebaran 2016 dan atraksi pergelaran gamelan. Dan membahas kendala yang dialami petugas staf Tourist Information Service (TIS) dalam penyediaan layanan informasi kepariwisataan di Stasiun Besar Yogyakarta beserta solusinya.

Kata kunci: Pelayanan, Tourist Information Service, Stasiun Besar Yogyakarta

×
Penulis Utama : Muhammad Ahsan Mulya Syabani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216031
Tahun : 2019
Judul : Peran Tourist Information Service (TIS) dalam penyediaan layanan informasi kepariwisataan di stasiun besar Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-B3216031-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Supariadi,M.Hum
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.