Penulis Utama : Mujianto
NIM / NIP : B3216035
×

Laporan  tugas  akhir  ini  dilatar  belakangi  oleh  jumlah  pertumbuhan  dan mobilitas penduduk yang cukup tinggi serta kemajuan perkembangan teknologi hal tersebut yang mendasari PT. Kereta api Indonesia meciptakan fitur KAI Access. Fitur KAI Access merupakan fitur yang menyediakan banyak penawaran yang tujuannya untuk memudahkan calon penumpang kereta api pada saat membeli tiket kereta. Fitur KAI Access merupakan bentuk dari digitalisasi pelayanan ticketing yang telah di terapkan di Stasiun Pasar Senen Jakarta khususnya dan Stasiun lainya pada umumnya yang mana aplikasi KAI Access mempunyai tujuan yaitu untuk membantu memudahkan dalam pelayanan penjualan dan pembelian tiket kereta. Adapun manfaat KAI Access antara lain yaitu mengurai antrean dan pemberantasan kasus percaloan khususnya di Stasiun Pasar Senen Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan berdasarkan data-data deskriptif untuk memperoleh informasi tentang digitalisasi pelayanan ticketing yaitu aplikasi KAI Access khususnya yang diterapkan di Stasiun Pasar Senen Jakarta, yang mempunyai dampak positif bagi setiap pengguna KAI Access ataupun pengguna Jasa kereta api pada umumnya. Metode pengumpulan data yang di lakukan adalah dengan menggunakan metode observasi pada saat kuliah magang mahasiswa di kantor wilayah Daerah Operasional 1 Jakarta, dengan metode wawancara dengan calon penumpang kereta api, petugas pelayanan yang ada di loket maupun petugas chek-in. Selain itu metode wawancara ini juga di lakukan utuk mewawacarai staaf dan pimpinan Stasiun hingga Sampai direktur utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero).
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwa dengan hadirnya digitalisasi pelayanan ticketing yaitu KAI-Accces yang dijadikan inovasi pelayanan di Stasiun Pasar Senen Jakarta banyak memberikan efek atau dampak yang di rasakan diantaranya bagi petugas/staff & calon penumpang yang ada di Stasiun Pasar Senen jakarata. Dengan hadirnya KAI-Accces mampu meringankan beban tugas bagi petugas/staff yang ada Stasiun serta memberikan kemudahan bagi calon penumpang kereta api sehingga calon penumpang kereta api merasa puas dan terlayani oleh hadirnya digitalisasi pelayanan ticketing yaitu KAI-Accces sehingga kini masyarakat beralih kepada transportasi umum kereta api pada saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan jumlah Volume penumpang di stasiun Pasar Senen pada setiap tahunya.
Kesimpulannya adalah dengan hadirnya digitalisasi pelayanan ticketing yaitu KAI-Accces di Stasiun Pasar Senen Jakarta memberikan dampak dan efek bagi petugas/staff yang mana beban tugasnya terkurangi serta dampak atau efek yang dirasakan oleh calon penumpang adalah kemudahan yang di dapatkan serta kepuasan terhadap layanan KAI-Accces

×
Penulis Utama : Mujianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216035
Tahun : 2019
Judul : Program digitalisasi pelayanan Ticketing sebagai inovasi pelayanan tahun 2018 stasiun Pasar Senen Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-B3216035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. . Drs. Joko Sadoso Priyo, M.M
2. Amad Saeroji, S.S. M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.