Penulis Utama : Prasetyo Wiji Wicakso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213076
Tahun : 2017
Judul : Analisis Variabel Tingkat Tata Kelola Pemerintahan Negara sebagai Penentu Nilai Perusahaan (Studi pada Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2003-2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Manajemen - F0213076– 2017
Subyek : CORPORATE GOVERNANCE, SISTEM PERATURAN, PENGEMBANGAN KEUANGAN, KONSENTRASI KEPEMILIKAN, NILAI PERUSAHAAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat tata kelola pemerintahan negara sebagai penentu nilai perusahaan (firm value). Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang terdaftar di BEI. Periode penelitian adalah tahun 2003-2014. Variabel dependen adalah nilai perusahaan (firm value), sedangkan variabel independen adalah tingkat tata kelola pemerintahan negara. Terdapat dua variabel indikator tingkat tata kelola pemerintahan negara yaitu  penegakan hukum dan sistem peraturan negara serta pengembangan keuangan negara. Terdapat variabel moderasi konsentrasi kepemilikan pemerintan serta variabel kontrol profitabilitas dan ukuran perusahaan. Metode penelitian menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan alat analisis Eviews 9.
Hasil pengujian analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas penegakan hukum dan sistem peraturan negara indonesia berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan BUMN. Sedangkan tingkat pengembangan keuangan negara Indonesia berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan BUMN dan jumlah kepemilikan saham pemerintah pada BUMN tidak mempengaruhi hubungan pengaruh kualitas penegakan hukum dan sistem peraturan negara Indonesia terhadap nilai perusahaan BUMN.

Kata kunci: corporate governance, sistem peraturan, pengembangan keuangan, konsentrasi kepemilikan, nilai perusahaan.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deny Dwi Hartomo, SE, M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis