Penulis Utama : Raharjo Guntur Al Fathan
NIM / NIP : F0313075
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara corporate social responsibility dan corporate governance terhadap agresivitas pajak perusahaan di Indonesia. Pengungkapan corporate social responsibility sendiri diukur dengan menggunakan item-item yang tercantum di dalam jurnal Sembiring tahun 2005. Corporate governance dalam penelitian ini terdiri dari kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, jumlah komite audit, dan kualitas audit. Agresivitas pajak sendiri dalam penelitian ini menggunakan proksi effective tax rates.
    Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Metode yang dilakukan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling sehingga didapatkan jumlah 63 perusahaan setiap tahunnya sebagai sampel penelitian. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 22 for windows.
    Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan antara variabel kualitas audit terhadap agresivitas pajak. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan dari variabel corporate social responsibility, kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen dan jumlah komite audit terhadap agresivitas pajak.
Kata Kunci: corporate social responsibility index, corporate governance, kepemilikan institusional, proporsi dewan komisaris independen, jumlah komite audit, kualitas audit, agresivitas pajak, effective tax rates

 

×
Penulis Utama : Raharjo Guntur Al Fathan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313075
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Corporate Governance terhadap Agresivitas Pajak
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Akuntansi - F0313075– 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anis Widjajanto, SE., M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.