Penulis Utama : Agus Susanto
NIM / NIP : S961408004
×

Latar Belakang. Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) merupakan penyakit inflamasi  autoimun  yang  ditandai  dengan  keterlibatan  organ  multipel  dan produksi berlebihan dari autoantibodi. Nefritis lupus merupakan salah satu bentuk manifestasi lupus pada organ ginjal yang umum terjadi pada pasien SLE. Prevalensinya  cukup  besar  serta  mempunyai  morbiditas  dan  mortalitas  yang tinggi. Moringa oleifera atau yang sering kita kenal dengan Kelor merupakan tanaman  yang  banyak  ditemukan  di  Indonesia,  dengan  manfaat  yang  sangat banyak terkandung pada tanaman tersebut. Salah satunya sebagai anti inflamasi.

Tujuan Penelitian.   Membuktikan pengaruh dari ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) terhadap ekspresi Interleukin 6 dan ekspresi Interleukin 10 pada ginjal mencit model nefritis lupus yang di induksi pristan.

Metode Penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian experimental dengan subjek penelitian 21 ekor mencit jantan yang dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol, kelompok perlakuan dan kelompok terapi. Kami melakukan metode post-test only control group design. Tiap kelompok kemudian akan di lakukan pengecekan ekspresi interleukin 6 dan ekspresi interleukin 10 pada   ginjal, yang kemudian akan dibandingkan dan di analisa secara statisti k menggunakan uji parametrik ANOVA dengan batas kemaknaan : nilai P bermakna jika p<0>

Hasil Penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun Moringa oleifera belum dapat menurunkan ekspresi Interleukin 6 secara meyakinkan (kelompok kontrol = 4,43 ± 2,70 ; kelompok lupus =12,43 ± 14,25 ; kelompok MO =6,00 ± 4,83 ; p=0.190) dan belum dapat menurunkan ekspresi Interleukin 10 secara meyakinkan. (kelompok kontrol = 11,86 ± 10,99, kelompok lupus =15,00 ± 20,94; kelompok MO = 4,57 ± 3,26; p=0.174).

Kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak   daun   Moringa   oleifera   (Kelor)   belum   dapat   penurunan   ekspresi Interleukin 6 dan ekpresi Interleukin 10 pada ginjal mencit model nefritis lupus dengan induksi pristan secara meyakinkan.

Kata Kunci: Nefritis Lupus, Moringa oleifera, interleukin 10, interleukin 6

×
Penulis Utama : Agus Susanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961408004
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh ekstrak daun kelor (Moringa oleifera) terhadap ekspresi interleukin 6 dan interleukin 10 pada ginjal mencit model nefritis lupus dengan induksi pristan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prog. Pend. Dokter Spesialis 1-S961408004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Zainal Arifin Adnan, dr.,Sp.PD-KR-FINASIM
2. Dr. dr. Arif Nurudhin, Sp.PD-KR, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.