Penulis Utama : Rahmat Agung Basworo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115031
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Kemiskinan, Akses Pendidikan dan Akses Permodalan terhadap Industri Kecil di Kabupaten Sleman Pendekatan Panel Data pada Tingkat Desa Tahun 2006-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Ekonomi Pembangunan - F1115031– 2017
Subyek : DATA PANEL, INDUSTRI KECIL, KEMISKINAN, PENDIDIKAN, PERMODALAN, PODES
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemiskinan, akses pendidikan dan akses pemodalan yang berpengaruh terhadap industri kecil di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi data panel untuk melihat faktor-faktor yang diteliti. Variabel penelitian terdiri dari jumlah industri kecil, jumlah penduduk miskin (kemiskinan), jumlah lembaga pendidikan keterampilan (akses pendidikan) dan jumlah kantor bank umum dan BPR (akses modal). Data diperoleh melalui Badan Pusat Statistik berupa data potensi desa (PODES) di Kabupaten Sleman tahun 2006-2014.
Berdasarkan hasil uji ordinary least square (OLS) penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemiskinan berpengaruh negatif signifikan terhadap industri kecil yaitu dengan nilai -0,010. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan bertambahnya jumlah kemiskinan maka jumlah industri kecil akan berkurang, begitupun sebaliknya. Variabel akses pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap industri kecil yaitu dengan nilai 0,000. Artinya semakin banyak jumlah lembaga pendidikan keterampilan akan meningkatkan jumlah industri kecil. Variabel akses permodalan tidak berpengaruh signifikan terhadap industri kecil dengan nilai 0,643 atau lebih besar dari nilai alpha (a=0,05 persen).

Kata Kunci: Data Panel, Industri Kecil, Kemiskinan, Pendidikan, Permodalan, PODES

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lukman Hakim, S.E, M.Si., Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis