Penulis Utama : Maulidi Izzati
NIM / NIP : G0015152
×

ABSTRAK

LatarBelakang:Teknik biokimia otomatis (VITEK® 2, bioMérieux, USA) merupakan teknik identifikasi bakteri dan jamur yang memanfaatkan teknologi berbasis mikrobiologi dengan prinsip biokimia otomatis. Sedangkan teknik MALDI-TOF MS (Matrix-assisted laser desorption ionization–time of flight mass spectrometry) (VITEK® MS, bioMérieux, USA) merupakan teknik identifikasi bakteri dan jamur yang memanfaatkan teknik dasar identifikasi spektrum sidik jari (mass spectral fingerprints). Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membandingkan identifikasi bakteri menggunakan teknik biokimia otomatis dengan MALDI-TOF MS, tetapi dengan hasil yang bervariasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil identifikasi spesies bakteri Gram negatif menggunakan kedua teknik biokimia otomatis dan MALDI-TOF MS terhadap kejadian infeksi bakteri Gram negatif.

Metode:Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consequtive sampling dengan jumlah 30 sampel. Sampel merupakan isolat bakteri Gram negatif berasal dari spesimen pasien yangdikirim ke Laboratorium Mikrobiologi Klinik RSUD Dr. Moewardi Surakarta selama bulan November 2018.Kemudian hasil identifikasi dari kedua alat tersebut akan dibandingkan dan dianalisis menggunakan Uji Koefisien Cohen’s Kappa dengan aplikasi SPSS 16.0.

Hasil:Dari hasil pemeriksaan, terdapat 3 perbedaan hasil identifikasi bakteri Gram negatif. Sebanyak 2 sampel mengalami perbedaan nama spesies bakteridan 1 sampel tidak teridentifikasi oleh teknik biokimia otomatis. Dari hasil uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan kesepakatan menggunakan kedua teknik identifikasi (p-value=0.000) dengan keeratan kesepakatan kuat (k-value=0.0783) menunjukkan bahwa fungsi kedua teknik tersebut bisa saling menggantikan.

Simpulan:Terdapat hubungan kesepakatan antara kedua teknik identifikasi dengan keeratan kesepakatan kuat, menunjukkan bahwa fungsi kedua teknik tersebut bisa saling menggantikan.
    
Kata Kunci: bakteri Gramnegatif, identifikasibakteri, biokimia otomatis, MALDI-TOF MS.

×
Penulis Utama : Maulidi Izzati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015152
Tahun : 2018
Judul : Perbandingan Hasil Identifikasi Bakteri Gram Negatif Menggunakan Teknik Biokimia Otomatis (Vitek® 2) dan Maldi-TOF MS (Vitek® MS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Program Studi Kedokteran-G0015152-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Betty Suryawati, dr., M.BiomedSci, PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.