Penulis Utama : Yan Kristian Alim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1109028
Tahun : 2014
Judul : Analisis Pengaruh Ketersediaan Pangan terhadap Stabilitas Ekonomi Indonesia Periode Tahun 2011-2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Ekonomi Pembangunan - F1109028– 2014
Subyek : PRODUKSI PADI, KEDELAI, JAGUNG DAN TINGKAT INFLASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

 

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini  adalah:  1) Untuk menguji pengaruh ketersediaan pangan komoditi kedelai berpengaruh signifikan terhadap stabilitas perekonomian Indonesia. 2) Untuk menguji pengaruh ketersediaan pangan komoditi kedelai terhadap stabilitas perekonomian Indonesia. 3) Untuk menguji pengaruh ketersediaan pangan komoditi jagung berpengaruh signifikan terhadap stabilitas perekonomian Indonesia. 4) Untuk menguji pengaruh ketersediaan pangan komoditi padi, kedelai dan jagung secara simultan terhadap stabilitas perekonomian Indonesia.
Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang terdiri dari satu variabel terikat yaitu tingkat inflasi dan tiga variabel bebas yaitu ketersediaan pangan komoditas padi, kedelai dan jagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Provinsi yang ada di Indonesia terdiri dari 33 provinsi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Provinsi yang ada di Indonesia terdiri dari 33 provinsi. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2011-2013 dengan data penelitian sebanyak 99 data. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian diperoleh: 1) Hasil pengujian secara individual menunjukkan bahwa variabel produksi padi berpengaruh signifikan terhadap tingkat inflasi. 2) Hasil pengujian secara individual menunjukkan bahwa variabel produksi  kedelai  berpengaruh  secara  positif  dan  signifikan  terhadap  tingkat inflasi. 3) Hasil pengujian secara individual menunjukkan bahwa variabel komoditas jagung berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat inflasi. 4) Hasil pengujian secara bersama-sama menunjukkan bahwa variabel produksi padi, kedelai dan jagung berpengaruh signifikan terhadap tingkat inflasi.
Saran dalam penelitian ini adalah: 1) Agar ketersediaan pangan di seluruh Indonesia   tetap   dalam   kondisi   stabil   maka   diharapkan   pemerintah   terus melakukan kerja sama bersama masyarakat dalam perbaikan lahan pertanian dan menjaga  bibit-bibit  unggul  tanaman  pangan  agar  tercapai  produksi  tanaman pangan sesuai angka kebutuhan seluruh wilayah di Indonesia. 2) Pemerintah dan seluruh masyarakat bersatu dalam berinovasi dalam menciptakan teknologi yang dapat meningkatkan produksi tanaman pangan supaya ketersediaan pangan tetap terjaga. 3) Bagi peneliti selanjutnya yang terkait, diharapkan untuk memasukkan atau menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi di Indonesia,  agar  kita  dapat  mengetahui  hal  apa  yang  paling  mempengaruhi stabilitas ekonomi. Sehingga kita dapat melukan langkah perbaikan yang lebih tepat  mengenai ketersediaan pangan.

Kata Kunci :   produksi padi, kedelai, jagung dan tingkat inflasi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutanto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis