Penulis Utama : Septiana Dwi Cahyani
NIM / NIP : C0113053
×

ABSTRAK


Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : (1) struktur yang membangun  cerbung Panggugate Anak Karam  karya Adinda AS  berdasarkan teori struktural Robert Stanton; (2) kejiwaan tokoh utama berdasarkan teori psikologi  individual  Alfred  Adler;  (3)  dampak  kejiwaan  yang  ditimbulkan terhadap kepribadian tokoh utama.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur struktural yang membangun  cerbung Panggugate Anak Karam  karya Adinda AS  berdasarkan teori struktural Robert Stanton; (2) mendeskripsikan kejiwaan tokoh utama berdasarkan teori psikologi individual Alfred Adler; (3) mendeskripsikan dampak kejiwaan yang ditimbulkan terhadap kepribadian tokoh utama.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian cerbung, teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana  sastra  (judul,  sudut  pandang,  gaya  dan  tone,  simbolisme,  serta ironi),  teori  psikologi  individual  Alfred  Adler  meliputi  finalisme  fiktif,  dua
dorongan pokok, perasaan inferioritas dan kompensasi, gaya hidup, dorongan kemasyarakatan, dan diri kreatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer berasal dari cerbung Panggugate Anak Karam karya Adinda AS yang diterbitkan oleh majalah Panjebar Semangat edisi 28 Januari-13 Mei 2017. Data primer  berupa  isi  teks  cerbung  Panggugate  Anak  Karam  karya  Adinda  AS. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik content analysis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) secara keseluruhan cerbung Panggugate Anak Karam karya Adinda AS menunjukkan kesatuan yang utuh dan sangat  erat  kaitannya  satu  sama  lain.  Unsur-unsur  struktural  saling  terkait
sehingga membentuk kesatuan yang indah; (2) dilihat dari aspek psikologi sastra, cerbung Panggugate Anak Karam karya Adinda AS mengungkapkan kejiwaan tokoh utama yang memiliki masalah karena pengaruh dari lingkungan  sekitar sehingga mempengaruhi perjuangan hidup Sekar dan Arif. Semua aspek teori Adler mampu mengendalikan segala bentuk perubahan untuk meraih superioritas pada tokoh utama; (3) dampak kejiwaan yang ditimbulkan terhadap kepribadian tokoh utama mampu mempengaruhi perubahan emosi ke arah yang positif.

 

Kata kunci: Cerbung, Tokoh Utama, Psikologi Sastra.

 

×
Penulis Utama : Septiana Dwi Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113053
Tahun : 2018
Judul : Konflik Kejiwaan Tokoh Utama dalam Cerita Bersambung Panggugate Anak Karam Karya Adinda AS(Suatu Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi. Sastra Daerah - C0113053- 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
2. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.