Penulis Utama : Rio Harto Kusuma
NIM / NIP : C0113050
×

ABSTRAK


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan struktur lirik lagu ciptaan Sukir Genk  yang meliputi lapis bunyi, lapis arti,  lapis objek, lapis dunia dan lapis metafisis. Mendeskripsikan masalah-masalah sosial yang terdapat dalam lirik lagu ciptaan Sukir Genk. Mendeskripsikan kritik sosial Sukir Genk yang terdapat di dalam lirik lagu.
Penelitian   ini   merupakan   penelitian   kualitatif   deskriptif.   Objek   dari penelitian adalah dua belas teks lirik lagu ciptaan Sukir Genk yang telah ditranskripsi, di antaranya: Aku Setya Ngenteni, Bidadari Keseleo, Cenk-Cenk Po, Dikira Preman, Diundang Diusir, Mampir Ngombe, Marai Cemburu, Ngelunasi Utang, Aja Kemayu, Apa Gunane, Padha Rungokna dan Sambel Teri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis data, wawancara dan sampling. Pemilihan metode ini tidak lepas dari data primer yang berupa teks lirik lagu ciptaan Sukir Genk yang telah ditranskripsikan.
Hasil  penelitian  menunjukkan,  bahwa  lirik  lagu  ciptaan  Sukir  Genk memiliki kekomplekskan pada struktur norma-norma sastranya. Hal ini nampak pada lapis bunyi yang memanfaatkan asonansi dan aliterasi, lapis arti, lapis objek, pelaku dan latar, serta lapis dunia dan lapis metafisis. Kelengkapan struktur ini menunjukkan berbagai bentuk macam bahasa atau kata yang arkais sebagai salah satu media kritik sosial pengarang atas gejela-gejala atau fenomena sosial masyarakat kepada pendengarnya. Dilihat dari perspektif sosiologi sastra, kedua belas lirik lagu Ciptaan Sukir Genk mengangkat masalah-masalah sosial di lingkungan sekitar yang beragam. Masalah sosial di dalam dua belas lirik lagu itu di antaranya 1) ingkar janji, 2) krisis identitas, 3) diskriminasi status sosial, 4) memandang  orang  lain  sebelah  mata,  5)  alkoholisme,  6)  gadget  addict,  7) sombong dalam pencitraan diri, 8) bermuka dua, 9) materialistis, 10) sombong,
11) saling iri. Dalam kedua belas lirik lagu Sukir Genk tersebut juga memberikan kritikannya untuk masalah-masalah sosial yang ada. Keseluruhan kritik tersebut ditujukan kepada masyarakat agar masyarakat lebih jeli dalam menghadapi kehidupan di jaman yang seperti ini.

 


Kata kunci: Sukir Genk, kritik sosial, lirik.

 

×
Penulis Utama : Rio Harto Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113050
Tahun : 2018
Judul : Kritik Sosial dalam Lirik Lagu Javarock- Reggae Ciptaan Band Sukir Genk (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi. Sastra Daerah - C0113050- 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D
2. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.