Penulis Utama : Betta Indonesia Kencana S.p
NIM / NIP : C9614003
×

ABSTRAK


Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan sulitnya siswa kelas 2 SD Pelita Nusantara Kasih Surakarta membaca Hanzi, karena terbiasanya siswa hanya membaca Hanyu Pinyin. Penulis menerapkan  metode belajar kelompok untuk membantu siswa dalam membaca teks bacaan dengan Hanyu Pinyin.

Tujuan penelitian ini adalah melalui Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan  efektivitas  siswa  dalam  membaca  Hanyu  Pinyin  dengan  benar, pada pembelajaran bahasa  Mandarin memudahkan siswa memahami teks bacaan menggunakan Hanyu Pinyin. Mengetahui hambatan dan kesulitan apa saja yang dialami siswa saat membaca dengan Hanyu Pinyin serta solusinya.

Penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan studi pustaka dengan memanfaatkan buku-buku di perpustakaan.

Berdasarkan penelitian di kelas 2 SD Kristen Pelita Nusantara Kasih, penulis dapat menyimpulkan bahwa Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan efektivitas membaca Hanyu Pinyin siswa maupun keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa Mandarin. Ini disebabkan karena  mudah diterimanya pembelajaran menggunakan Hanyu Pinyin bagi siswa-siswa kelas 2 SD. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan cepatnya siswa memahami pembelajaran terutama dalam membaca maupun mengerjakan soal- soal dengan menggunakan Hanyu Pinyin.

 


Kata  kunci:  Metode  Belajar  Kelompok,  Membaca,  Hanyu  Pinyin,  Bahasa
Mandarin

 

×
Penulis Utama : Betta Indonesia Kencana S.p
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9614003
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Metode Belajar Kelompok untuk Meningkatkan Efektivitas Membaca Hanyu Pinyin pada Pembelajaran Bahasa Mandarin Siswa Kelas 2 SD Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : D-3 Sastra Tionghoa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi. DIII Bahasa Mandarin - C9614003 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Stephanie Phanata, B.Ed, MTCSOL,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.