Penulis Utama : Adibyasa Yoga
NIM / NIP : D0112001
×

ABSTRAK

Lahan pemakaman di kota Surakarta mulai menghadapi krisis mengingat lahan yang ada sangat terbatas sementara jasad yang dimakamkan di Tempat pemakaman Umum mengalami kenaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran yang dijalankan Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Surakarta dalam menanggulangi krisis lahan pemakaman.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran secara obyektif mengenai keadaan yang sesungguhnya secara mendalam. Adapun sumber data yang diperoleh  melalui proses wawancara dengan informan dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas data dilakukan menggunakan teknik trianggulasi sumber data yaitu memanfaatkan jenis sumber data yang berbeda untuk menggali data yang sejenis. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengenai penanggulangan krisis lahan pemakaman dilihat dengan peran yang dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surakarta sebagai koordianator untuk menanggulangi krisis lahan pemakaman adalah dengan pembuatan kebijakan makam tumpuk, pelarangan pembuatan cungkup dan pamijen. Peran kedua sebagai fasilitator adalah dengan menyediakan fasilitas penunjang seperti pompa air, pembuatan kolah dan penggunaan lahan diantara kedua makam. Peran ketiga sebagai inovator adalah dengan pemberian ide baru untuk mengatasi krisis lahan pemakaman dengan pemberlakuan pajak bagi pemakaman dan pembelian lahan baru untuk pemakaman.

Kata Kunci    : Peran, Krisis, Lahan Pemakaman

 

×
Penulis Utama : Adibyasa Yoga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112001
Tahun : 2017
Judul : Peran Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surakarta dalam Menanggulangi Krisis Lahan Pemakaman
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Ilmu Administrasi Negara - D0112001- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Lestariningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.