Penulis Utama : Citra Suryaning Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213027
Tahun : 2017
Judul : Strategi Komunikasi Komunitas Laku Lampah (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Komunitas Laku Lampah dalam Upaya Penyampaian Pesan Pelestarian Sejarah dan Budaya di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Ilmu Komunikasi - D0213027- 2017
Subyek : STRATEGI KOMUNIKASI, PENYAMPAIAN PESAN, SEJARAH DAN BUDAYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak peninggalan sejarah dan kebudayaan beragam, salah satu kota dengan potensi tersebut adalah Kota Solo. Menurut data, di Kota Solo terdapat sekitar 175 bangunan dan kawasan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemkot. Tingginya jumlah cagar budaya yang tersebar di Solo, malah menjadikan Pemerintah Kota Surakarta mengabaikan tanggungjawabnya dalam pengelolaan cagar budaya. Sehingga masih perlu mendapat perhatian serta perlu dilestarikan oleh berbagai pihak. Bermula dari permasalahan tersebut, terbentuklah Komunitas Laku Lampah. Komunitas pertama di Solo yang concern dan ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian sejarah dan budaya. Laku Lampah turut turun tangan dengan menyampaikan pesan pelestarian kepada masyarakat di setiap kegiatannya.
Penelitian ini dilakukan di komunitas Laku Lampah, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi Laku Lampah dalam menyampaikan pesan pelestarian sejarah dan budaya pada masyarakat. Teori strategi komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Hafied Cangara yakni pemilihan komunikator, menentukan target sasaran, menyusun pesan, dan pemilihan media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penarikan sampel dilakukan peneliti menggunakan purposive sampling, dengan teknik snowball sampling. Data diperoleh peneliti dengan melakukan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Laku Lampah dalam startegi komunikasi penyampaian pesannya Laku Lampah menempatkan pengurus LL, akademisi, warga sekitar dan tokoh masyarakat sebagai komunikator pesannya, target sasaran pesan mereka adalah masyarakat umum, khususnya anak muda, pemerintah, dan media. Dalam melakukan pembentukan pesan, Laku Lampah menyesuaikan dengan target sasarannya dan media yang mereka gunakan. Dalam penyampaian pesannya, Laku Lampah menggunakan tiga media penting selain sosialisasi secara langsung, yakni media massa, media online, dan merchandise.

Kata Kunci : strategi komunikasi, penyampaian pesan, sejarah dan budaya

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
BAB 0.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP