Penulis Utama : Desvita Anggraini Wulandari
NIM / NIP : D0113025
×

ABSTRAK
Permasalahan Angka Kematian Ibu (AKI) Dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Karanganyar saat ini masih tinggi jika dibandingkan daerah di sekitarnya. Banyak ditemukan penyebab kematian ibu dan bayi karena berbagai faktor. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 4 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan peningkatan kualitas hidup ibu dan anak, Dinas Kesehatan Kabupaten berkewajiban menyelenggarakan upaya kesehatan bagi masyarakat.
Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana Responsivitas Dinas Kesehatan Kabupaten dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) Dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Karanganyar.
Teori yang digunakan adalah teori responsivitas milik Agus Dwiyanto dengan menggunakan tiga criteria, yaitu: 1) sikap yang ditunjukkan oleh dinas kesehatan, 2) perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik, 3) tindakan dinas untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat.
Penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dan teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber/data. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data interaktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responsivitas Dinas Kesehatan Kabupaten dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Karanganyar sudah cukup baik atau telah responsif yaitu: 1) sikap yang ditunjukkan oleh dinas sudah responsif, terlihat dari adanya langkah dan kerjasama yang telah dilakukan dinas untuk menurunkan AKI AKB. 2) Perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan terutama perbaikan dalam kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya adanya faktor pendukung untuk keberhasilan AKI AKB terlihat adanya kerjasama antar stakeholder dan komitmen dinas. Dalam pelaksanaannya tentu adanya faktor penghambat yang dihadapi, penyebabnya masih adanya masyarakat yang tidak peduli dengan kegiatan yang dilakukan oleh dinas. 3) Tindakan dinas dalam memberikan kepuasan kepada masyarakat dilakukan dengan berbagai upaya, yaitu dengan adanya sosialisasi, kelas ibu hamil, kelas ibu balita, serta penempelan stiker P4K. Respon yang ditunjukkan oleh masyarakat terkait dengan usaha yang dilakukan dinas mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.
Kata Kunci : AKB, AKI, Responsivitas

 

×
Penulis Utama : Desvita Anggraini Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113025
Tahun : 2017
Judul : Responsivitas Dinas Kesehatan Kabupaten dalam upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) Di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Adminitrasi Publik - D0113025- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.