Penulis Utama : Eka Nurwaselina Santoso
NIM / NIP : B0115020
×

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) apa sajakah unsur dialektal bahasa Jawa Tulungagung secara dialektologi sinkronis? (2) bagaimanakah kekhasan bahasa Jawa Tulungagung secara dialektologi sinkronis?.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan mengenai unsur dialektal bahasa Jawa Tulungagung secara dialektologi sinkronis, (2) mendeskripsikan mengenai kekhasan bahasa Jawa Tulungagung secara dialektologi sinkronis.
Sumber data penelitian ini berasal dari informan yang telah dipilih sesuai dengan kriteria di daerah pengamatan yang merupakan tuturan bahasa Jawa di Kabupaten  Tulungagung.  Data  penelitian  ini  berupa  data  primer  dan  data sekunder. Data primer pada penelitian adalah data lisan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan. Data sekunder pada penelitian ini adalah data tulis yang diperoleh melalui daftar pertanyaan mengenai variasi unsur fonologis, morfologis, dan leksikal yang berupa kata, frasa, serta kalimat.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode simak dan metode cakap. Metode simak menggunakan teknik dasar berupa teknik sadap dan teknik lanjutan berupa teknik simak   libat   cakap   dan   teknik   simak   bebas   libat   cakap.   Metode   cakap menggunakan  teknik  dasar  berupa  teknik  pancing  dan  teknik  lanjutan  berupa teknik cakap semuka, teknik catat, dan teknik rekam.
Berdasarakan analisis data penelitian ini ditemukan : (1) variasi dialektal BJTa dengan unsur fonologis berupa bunyi vokal dan bunyi konsonan, dari unsur morfologis  berupa  afiksasi  dan reduplikasi,  dari  unsur  leksikal  berupa  variasi onomasiologis dan variasi semasiologis, (2) ditemukan leksikon khas BJTa terkait dengan kata benda, kata kerja, dan kata sifat.


Kata Kunci : BJTa, dialektologi, sinkronis, Tulungagung.

 

×
Penulis Utama : Eka Nurwaselina Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115020
Tahun : 2019
Judul : Kajian dialektologi sinkronis bahasa Jawa di Kabupaten Tulungagung
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog Studi Sastra Daerah-B0115020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wakit Abdullah, M.Hum.
2. Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.