Penulis Utama : Erin Rahmawati
NIM / NIP : D0113030
×

ABSTRAK
.

Cakupan kepemilikan akta kelahiran di Indonesia masih rendah, tetapi Pemerintah Kota Surakarta berhasil melampaui target Nasional dengan cakupan kepemilikan akte kelahiran pada tahun 2016 yaitu 95,85%. Tingginya kepemilikan akta kelahiran didukung inovasi yang dilakukan Dispendukcapil Kota Surakarta yaitu Relasi Pencatatan Kelahiran, Kartu Insentif Anak (KIA), Mobil Keliling, Pelayanan Online, Pelayanan 3in1, serta Akta untuk Anak Terlantar dan HIV. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk inovasi akta kelahiran menggunakan teori Tipologi Inovasi dari Muluk, serta Level dan Kategori inovasi dari Mulgan dan Albury (dalam Muluk: 2008). Dan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi inovasi sektor publik menggunakan teori Suwarno (2008)  yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Bidang PIAK Dispendukcapil Kota Surakarta, Kasie Inovasi Pelayanan dan Kasie Kelahiran. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data  menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Berdasarkan pelaksanaan tiap inovasi pelayanan akta kelahiran maka tipologi inovasi yang dilakukan yaitu inovasi metode layanan yang terdapat pada Relasi Pencatatan Kelahiran, Mobil Keliling, Pelayanan Online, dan Inovasi akte kelahiran untuk anak terlantar dan HIV. inovasi produk layanan terdapat pada Kartu Insentif Anak (KIA), inovasi proses terdapat pada pelayanan integrasi 3in1 dan inovasi kebijakan terdapat pada Kartu Insentif Anak (KIA). Level inovasi pada semua inovasi pelayanan akte kelahiran adalah inovasi inkremental, sedangkan kategori inovasi adalah inovasi sustaining. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi pelayanan akta kelahiran Disendukcapil Kota Surakarta yaitu visi misi, sarana prasarana, Sumber Daya Manusia, keuangan, demografi, teknologi, politik dan kesadaran masyarakat.
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan Publik, Akte Kelahiran.

 

×
Penulis Utama : Erin Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113030
Tahun : 2017
Judul : Inovasi Pelayanan Akta Kelahiran Anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surakart
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Administrasi Publik - D0113030- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Retno Suryawati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.