Penulis Utama : Mustika Purnamasari
NIM / NIP : D0213062
×

ABSTRAK
Keberagaman budaya tidak bisa lepas dari kehidupan setiap manusia di dunia, termasuk di Kota Solo. Hal ini terlebih didukung dengan slogan Kota Solo berupa “Solo Kota Budaya”, membuat identitas budaya Jawa melekat di Kota Solo. Pun didukung letak yang strategis untuk menjadi sektor bisnis tentu menjadi daya tarik bisnis bagi para investor untuk berinvestasi. Appsintune merupakan salah satu platform dari cikal bakal bisnis perusahaan yang dirintis di Kota Solo yang memiliki keberagaman budaya didalam anggota perusahannya dan mampu menjaga dua hubungan budaya yang berbeda serta membentuk keharmonisan sehingga mampu mengembangkan usaha bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi antarbudaya sehingga terjadi komunikasi yang efektif serta faktor yang mempengaruhi efektivitas komunikasi antarbudaya antara atasan dengan bawahan Appsintune Surakarta.
Penelitian ini dilakukan di Appsintune Surakarta dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara mendalam. Sampel diambil diambil melalui metode purposive sampling. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini membuahkan kesimpulan bahwa Komunikasi antarbudaya dalam proses komunikasi antara atasan dan bawahan yang terjadi di Appsintune Surakarta terjadi dengan baik sesuai dengan teori Gudykunst dan Kim meskipun diwarnai perbedaan-perbedaan dan hambatan budaya di awalnya. Meskipun demikian, masih ditemukan faktor penghambat komunikasi antarbudaya seperti perbedaan bahasa, pola pikir, dan perbedaan latar belakang budaya dari atasan dan bawahan Appsintune. Namun, komunikasi antarbudaya yang terjadi di Appsintune terbilang efektif karena kedua belah pihak sama-sama mampu untuk meminimalisir kesalahpahaman dan mengatasi hambatan-hambatan komunikasi antarbudaya yang ada dengan baik.
Kata Kunci : Proses Komunikasi Antarbudaya, Hambatan Komunikasi Antarbudaya, Efektivitas Komunikasi Antarbudaya

 

×
Penulis Utama : Mustika Purnamasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213062
Tahun : 2017
Judul : Proses Komunikasi Antar Budaya pada Perusahaan Appsintune Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Proses Komunikasi Antarbudaya antara Atasan dan Karyawan dan Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Komunikasi Antarbudaya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Ilmu Komunikasi - D0213062- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.