Penulis Utama : Lulu Puruhita Resendra
NIM / NIP : D0113053
×

ABSTRAK
Lalu lintas kendaraan dan parkir adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Kelancaran lalu lintas kota juga bergantung pada penataan parkir yang di terapkan di kota tersebut. Di Surakarta telah diterapkan berbagai inovasi dalam pelayanan publik. Inovasi yang telah dilaksanakan salah satunya pada bidang transportasi, yaitu inovasi parkir. Inovasi tersebut berupa vallet parkir yang diterapkan pada sektor publik, yaitu pada kawasan parkir Pasar Gede sebagai pasar tradisional dan cagar budaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan proses inovasi serta faktor-faktor penghambat inovasi parkir kawasan Pasar Gede Kota Surakarta.Pada proses inovasi melibatkan Dinas Perhubungan Bidang Perparkiran, Pengelola Valet Parkir dan Koordinator Valet Parkir. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori proses inovasi oleh Australia National Audit Office (2009) meliputi tahap pengembangan, implementasi, pengecekan, penyesuaian. Serta teori faktor-faktor yang mempengaruhi oleh Vries, Hanna De at al (2016) meliputi faktor tingkat organisasi, faktor tingkat lingkungan, faktor karakteristik inovasi, faktor tingkat individu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive dan snowball. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Kemudian teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian secara keseluruhan proses inovasi yang dilaksanakan telah sesuai, walaupun dalam tiap tahapan masih kurang maksimal. Meliputi sosialisasi pada tahap pengembangan dan tahap penerapan kurang maksimal. Kemudian tidak terdapat rencana transisi, pengawasan pelaksanaan SOP serta tidak terdapat data lengkap petugas Valet Parkir untuk kelancaran pada tahap penerapan. Selanjutnya evaluasi yang hanya diadakan diawal, serta belum terdapat rencana untuk mengembangkan inovasi.
Kata kunci : Inovasi, Parkir Kawasan Pasar Gede, Pengelolaan Parkir

 

×
Penulis Utama : Lulu Puruhita Resendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113053
Tahun : 2017
Judul : Valet Parkir Inovasi Metode Pelayanan Publik di Kawasan Pasar Gede Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prodi. Administrasi Publik - D0113053- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.