Penulis Utama : Nina Intan Saputri
NIM / NIP : K2514047
×

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di SMK Negeri Ngargoyoso. Evaluasi adalah suatu proses untuk mengumpulkan informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Evaluasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu evaluasi model CIPP (context, input, process, product), yang meliputi: (1) Konteks: latar belakang pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor; (2) masukan: sumber daya manusia (guru dan siswa), kurikulum, bahan pembelajaran, dan sarana prasarana belajar; (3) proses: pelaksanaan pembelajaran di kelas dan praktik di bengkel,penggunaan media pembelajaran; (4) hasil: Nilai akhir siswa pada pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI semester genap.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Ngargoyoso. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif evaluatif. Sampel penelitian ini adalah kelas XI A, B, dan C yang berjumlah 97 siswa dan 4 guru pemeliharaan mesin sepeda motor. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah validitas permukaan dimana validasi dilakukan oleh ahli. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada kelas XI D yang berjumlah 31 siswa, pengujian kuisioner menggunakan SPSS. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap context (konteks) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI yang  meliputi latar belakang program sudah tergolong baik; (2) evaluasi terhadap input (masukan) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI tergolong baik, aspek masukan meliputi: sumber daya manusia, kurikulum, sumber pembelajaran, dan sarana prasarana; (3) evaluasi terhadap process (proses) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI yang  meliputi proses pelaksanaan pembelajaran di kelas dan bengkel sudah tergolong baik, namun pada aspek media pembelajaran yang digunakan tergolong cukup sehingga perlu ditingkatkan lagi. (4) Evaluasi product (produk) pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI tergolong baik, aspek produk yaitu nilai akhir siswa.
Kata kunci: evaluasi, pemeliharaan mesin sepeda motor, model CIPP.
 

×
Penulis Utama : Nina Intan Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514047
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi pelaksanaan pembelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI dengan model cipp (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) di SMK Negeri Ngargoyoso
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Teknik Mesin-K2514047-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Dr. Suharno, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.