Penulis Utama : Fairuz Yasmine
NIM / NIP : I0314035
×

ABSTRAK
Fairuz Yasmine, NIM: I0314035. CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS UNTUK PENDISTRIBUSIAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP DAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (Studi Kasus: PT. Gramedia Asri Media). Skripsi. Surakarta: Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Agustus 2019.
PT. Gramedia Asri Media memiliki warehouse yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan stok barang dan pendistribusian barang untuk setiap outlet yang dilayani. Pendistribusian barang dilakukan untuk memenuhi permintaan pelanggan atau outlet setiap harinya, setiap outlet memiliki time windows yang berbeda-beda.  Maka dari itu, perusahaan harus memperhatikan waktu yang tepat dalam pendistribusian barang. Dalam pendistribusian barang ini juga memperhatikan kapasitas dari setiap kendaraan yang digunakan. Kendaraan yang digunakan untuk pengiriman memiliki kapasitas maksimum dalam pengangkutan barang, sehingga untuk mendapatkan sistem yang efisien dan efektif perusahaan dapat memanfaatkan kapasitas maksimum dari kendaraan.
Permasalahan yang terjadi pada PT. Gramedia Asri Media dapat dikategorikan sebagai permasalahan rute kendaran yaitu Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW). Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) merupakan salah satu varian VRP dimana penentuan rute dalam melayani pelanggan dengan memperhatikan time windows pada masing-masing outlet serta memperhatikan kapasitas kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan cluster dan rute distribusi yang lebih baik dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan dan time windows. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dari perusahaan itu sendiri.
Dalam menyelesaikan permasalahan ini, peneliti menggunakan metode algoritma Sweep dan Particle Swarm Optimization. Algoritma Sweep digunakan untuk menentukan cluster yang lebih baik dengan memperhatikan kapasitas dari kendaraan berdasarkan permintaan buku setiap harinya. Sedangkan algortima Particle Swarm Optimization digunakan dalam menentukan Rute usulan yang lebih baik untuk setiap cluster usulan dengan memperhatikan time windows. Berdasarkan pengolahan data pada penelitian ini dari studi kasus didapatkan hasil cluster serta rute usulan yang dapat dijadikan pertimbangan untuk diimplementasikan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cluster usulan yang didapatkan berjumlah lebih sedikit yaitu sebanyak 11 cluster dan rute usulan yang memiliki susunan outlet dengan jarak tempuh lebih baik.

Kata kunci: VEHICLE ROUTING PROBLEM, TIME WINDOWS, KAPASITAS, ALGORITMA SWEEP, PARTICLE SWARM OPTIMIZATION.

xiv +  59 halaman;  8 tabel; 9 gambar;  28 lampiran
Daftar Pustaka:  29 (1959-2018)

 

×
Penulis Utama : Fairuz Yasmine
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0314035
Tahun : 2019
Judul : Capacitated vehicle routing problem with time windows untuk pendistribusian buku menggunakan algoritma sweep dan particle swarm optimization (Studi kasus: PT. Gramedia Asri Media)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Teknik UNS - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Teknik-Prog. Studi Teknik Industri S1-I0314035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yuniaristanto, S.T., M.T
2. Dr. Muh. Hisjam S.T.P., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.