Penulis Utama : Elisa Esti Rahayu
NIM / NIP : B0115021
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) apakah maksud
tindak tutur direktif bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi? (2) apakah yang melatarbelakangi munculnya tindak tutur direktif bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan maksud tindak tutur direktif bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi; (2) mendeskripsikan latar belakang munculnya tindak tutur direktif bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung tindak tutur direktif bahasa Jawa dan sumber data yang berasal dari informan terpilih yang melakukan tindak tutur bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh  penjual  dan  pembeli  dengan  sampel  penelitian  sebagian  dari seluruh penjual dan pembeli di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan teknik dasar sadap. Menggunakan teknik lanjutan simak bebas libat cakap (SBLC), teknik simak libat cakap (SLC), rekam dan catat. Menggunakan metode analisis data kontekstual dan padan dengan penyajian data berupa tuturan-tuturan.
Setelah  dilakukan  analisis  data dapat  disimpulkan  dalam  penelitian  ini ditemukan dua hal sebagai berikut: (1) maksud tindak tutur direktif bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi ini ditemukan tujuh belas macam, yaitu tindak tutur direktif mendesak, menyuruh, menyarankan, memesan, mengaharap, mempersilakan, menyapa, memarahi, meminta, mengingatkan, mengajak, menuntut, meminta izin, menasihati, merayu, bertanya, dan memaksa; (2) faktor yang melatarbelakangi munculnya tindak tutur direktif bahasa Jawa di Pasar Besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi, yaitu 1. Penutur dan mitra tutur, 2. Konteks tuturan, 3. Tujuan tuturan, 4. Tindak tutur, 5. Tuturan.

Kata-kata kunci: Tindak tutur direktif, tuturan, bahasa Jawa, Pasar Besar
Ngawi.

×
Penulis Utama : Elisa Esti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115021
Tahun : 2019
Judul : Kajian tindak tutur direktif bahasa jawa di pasar besar Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog Studi Sastra Daerah-B0115021-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M, Hum.
2. Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.