Penulis Utama : Dimas Singgih Pamungkas
NIM / NIP : K3512015
×


ABSTRAK


Minat belajar seorang siswa dan fasilitas laboratorium komputer merupakan sebuah sinergi yang penting terhadap prestasi belajar. Siswa banyak yang kurang aktif serta fasilitas laboratorium komputer yang kurang memadai untuk berlangsungnya pembelajaran menjadi kendala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh (1) minat belajar terhadap prestasi belajar; (2) fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar; (3) minat belajar dan fasilitas laboratorium komputer secara bersama-sama terhadap prestasi.

Dalam penelitian ini, populasi berjumlah 60 siswa Teknik Komputer dan Jaringan kelas XI, dengan teknik simple random sampling sebanyak 53 siswa digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode ex - post facto kuantitatif. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi dengan uji regresi tunggal dan uji regresi berganda untuk pengolahan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, variabel minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar nilai koefisien ditunjukkan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,281. Kedua,  variabel fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan R2 sebesar 0,134. Ketiga, variabel minat belajar dan fasilitas laboratorium komputer berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan hasil analisis regresi ganda nilai r = 0,600 dan Fhitung>Ftabel (14,081>3,18). Variabel minat belajar merupakan variabel paling signifikan dalam mempengaruhi prestasi belajar.

Kata kunci     : minat belajar, fasilitas laboratorium komputer, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Dimas Singgih Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512015
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium Komputer terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Melakukan Instalasi Lan di SMK Negeri 1 Sawit
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Informatika dan Komputer- K3512015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
2. Basori, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.